-->

Kekurangan Dan Kelemahan Samsung Galaxy A11 Yang Wajib Di Ketahui

Samsung Galaxy A11 akhir-akhir ini menyita banyak perhatian para netizen karena hargnya yang terjangkau di tambah fitur yang melimpah. Dibalik fitur yang melimpah ternyata Samsung Galaxy A11 ini ternyata memiliki beberapa kekurangan loh guys.

Tentu saja kekurangan tersebut bisa diminimalisir dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan akan pemakaian smartphone. Penasaran apa saja kekurangan dan kelemahan dari samsung galaxy a11 ini. Yuk kita ulas bersama di bawah ini:

Kelemahan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A11 Yang Banyak Tidak Di Ketahui Orang



1. Kamera Yang Jelek

Samsung Galaxy A11 ini memang memiliki kamera dengan resolusi 13 MP, 5 MP, serta 2 MP. Dan untuk bagian depannya sendiri diematkan kamera beresolusi 8 MP. Untuk Lensa 5 MP-nya ini adalah sensor ultra lebar dengan field of view seluas 115 derajat, dan untuk lensa 2 MP-nya adalah sensor kedalaman yang mampu dipakai untuk mode Live Focus.

Apabila dilihat dari hasil jepretan kamera Samsung Galaxy A11 ini memang dapat menghasilkan hasil foto yang bagus serta warnanya kurang akurat. Akan tetapi foto di luar ruangan menjadi lebih gelap, dan juga banyak detil yang hilang dari objek.

Tidak cuman itu saja, Shade atau bayangan pada beberapa titik juga nampak tak terlihat. Warnanya terkesan kurang fokus dan objek pun terlihat agar menyatu dengan sekitarnya. yang terkesan kurang ok.



Jika kita lihat dari hasil jepretan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa ada beberapa detil yang hilang pada objek yang diambil. Untuk Samsung Galaxy M11 masih menunjukkan garis-garis lekukan yang sangat jelas, hal yang sangat berbeda dari Galaxy A11 yang tidak menampilkan tekstur secara baik. Hal tersebut menjadi sebuah kekurangan tersendiri padahal kedua ponsel ini memiliki resolusi yang sama.

2. Tidak Ada Pelindung Layar

Samsung Galaxy A11 ternyata tidak dibekali dengan pelindung layar Gorilla Glass. Padahal para kompetitornya untuk smartphone dengan harga 2 jutaan sudah banyak yang menghadirkan Gorilla Glass 5 pda perangkatnya. Hal ini membuat para pemiliki Galaxy A11 harus ekstra hati-hati jika menggunakannya karena tidak ada Gorilla Glass 5, layar menjadi rentan akan goresan atau menjadi parah jika terkena sebuah benturan.

3. RAM dan Internal Memori Yang Sedikit

Untuk smartphone keluaran tahun 2020 ke atas, seharusnya sudah dibekali dengan Kapasitas RAM dan internal yang besar, mengingat banyak sekali aplikasi dan sesuatu yang mengharuskan memakai kapasitas yang besar. setidaknya membutuhkan RAM 4 GB.

Dan jika masih Di bawah itu, aplikasi dan game yang ditutup tidak dapat dibuka kembali dan harus mengulang lagi dari awal. Samsung Galaxy A11 ini cuma dipersenjatai dengan RAM 2 GB dan 3 GB saja.

Untuk internalnya cuma 32 GB. Hal tersebut sangat merugikan pengguna yang ingin menginstal berbagai macam aplikasi terbaru atau banyak aplikasi yang sedang tren sekarang ini. Hal tersebut dapat mengganggu pengalaman saat mengoperasikan sebuah smartphone.

4. Chipset Yang Ketinggalan Dengan Para Kompetitor


Samsung Galaxy A11 ini cuma dipersenjatai dengan Chipset snapdragon 425 dengan Graphic Adreno 506. Jika kita lihat untuk rentang harga 2 jutaan, chipset ini masih dirasa ketinggalan dengan lawan saingnya misalnya saja Realme 5s, Oppo A5, dan Redmi Note 8 yang sudah dipersenjatai dengan Snapdragon 665

Jika di uji tentang score, Snapdragon 425 cuma mampu mendapatkan skor 127 pada benchmark GeekBench 5 (single core). Dan untuk multi-core, chipset ini bsia mencapai skor 410. Tetapi Skor ini masih belum seberapa jika dibandingkan dengan Sanpdragon 665 yang bisa menyentuh skor 315 untuk pengujian single core sementara score 1371 pada pengujian multi-core. 

5. Fitur Konektivitas Kurang Lengkap


Samsung Galaxy A11 ini ternyata tidak dibekali dengan IR blaster dan juga NFC. Memang Keberadaan sensor infrared dirasa sangat remeh. Akan tetapi di zaman sekarang, seharusnya sensor ini bisa dimanfaatkan untuk remote TV dan AC sehingga menunjang mobilitas pemakainya. 

Dan untuk fitur NFC sendiri sangatlah penting, karena di zaman serba digital ini NFC bisanya dipakai untuk pembayaran online, seperti: transaksi pada mesin pembayaran digital, transfer data tanpa harus menghidupkan Bluetooth terlebih dahulu.

Dari beberapa kekurangan diatas mungkin bisa di sesuaikan dari kebutuhan. Jika ingin bermanja-manajaan atau hobi berfoto, Samsung Galaxy A11 ini bukan pilihannya karena hasilnya sangat mengecewakan. Anda juga bisa membandingkan kelemahan dari Samsung Galaxy A21s sebagai referensi selanjutnya untuk menentukan pilihan.


Disqus Comments