iPhone SE 2020 VS iPhone SE 2016, apa yang baru dan perbandinganya?

  • iPhone SE 2020 generasi kedua menghadirkan desain yang sama dengan iPhone 8 dan memakai chipset Bionic A13 terbaru
  • iPhone SE 2020 merupakan penerus iPhone SE pertama kali yang hadir di tahun 2016
IPhone SE 2020 merupakan perangkat terbaru dari Apple yang memang banyak di tunggu Fansboynya yang termasuk dalam smartphone kelas menengah terbaru Apple. Smartphone ini kombinasi antara perpaduan iPhone 8 dan iPhone 11 yang mempunyai kesamaan dengan pendahulunya, iPhone SE dari 2016.

Seperti yang dilansir dari 91mobiles Untuk Model terbaru ini memang hadir dengan mengususng desain yang cenderng lama akan tetapi sudah dibekali dengan chipset canggih Bionic A13 terbaru serta sudah memakai sistem operasi iOS 13. Namun apa yang baru dari iPhone 2020 dan perbedaannya dengan iPhone SE 2016. Dibawah ini saya akan mengulasnya secara terperinci, langsung saja ya guys!

Perbandingan iPhone SE 2020 VS iPhone SE 2016


Software Dan Prosesor

IPhone SE 2020 dibekali dengan chipset dan software sama dengan iPhone 11 yang menjadi smartphone andalan Apple saat ini. Smartphone ini dipersenjatai dengan chipset Bionic A13 serta penyimpanan 256GB dan juga sudah menggunakan sistem operasi iOS 13. Sementara itu untuk IPhone SE 2016 masih memakai  prosesor A9 dan penyimpanan 64GB serta masih memakai sistem operasi iOS 9 yang support dengan iOS 13.

Keamanan, baterai, Konektivitas

Untuk baterai iPhone 2020 SE sudah suport dengan teknologi pengisian cepat 18W, yang mampu mengisi daya baterai dari 0 - 50 persen cuma dalam 30 menit saja, Tidak cuma itu, iPhone SE 2020 ini juga sudah support dukungan pengisian wireless.

Untuk keamanan sendiri, iPhone SE 2020 mempunyai sensor  Touch ID daripada Face ID yang lebih responsif. Untuk konektivitas sudah dibekali dengan dual-SIM (dengan eSIM untuk koneksi sekunder)Bluetooth 5.0, GPS,port Lightning, G LTE, Wi-Fi 6, dan support NFC.

sedangkan untuk iPhone SE 2016 masih belum support fast charging karena mengguanakan pengisisan 5W standar. Untuk sektor keamanannya masih menggunakan sensor Touch ID dan belum Face ID, untuk urusan konektivitas sendiri, iPhone SE 2016 ini menggunakan port Lightning, Wi-Fi, SIM tunggal, NFC, 4G VoLTE, GPS serta A-GPS, Glonass, dan Bluetooth v4.2.

Display Dan Desain

IPhone SE 2020 yang terbaru ini bentuknya sama seperti iPhone 8/7 / 6s / 6. Smartphone ini sudah mempunyai desain sandwich glass dengan benjolan kamera tunggal yang dapat dilihat pada sudut kiri atas panel belakang.

Dan yang uniknya lagi logo Apple sudah ditarik menengah, yang menjadi ciri khas produk iPhone terbaru karena saat ini semua logo iPhone keluaran terbaru semuanya di tarik ketengah. iPhone SE 2020 juga mempunyai bezel besar serta layar Retina HD 4,7 inci dengan rasio aspek 16: 9. Sedangkan pada bagian tepi, smartphone ini dibekali dengan volume rocker serta slider slider di kiri, tombol power di kanan, dan juga ada port Lightning + speaker speaker pada bagian bawah.

Tetapi tidak seperti generasi pendahulunya, iPhone SE 2020 tidak dibekali dengan jack headphone 3.5mm. Tetapi sudah mempunyai IP67 yang merupakan sertifikasi uji ketahanan terhadap air dan debu dan dapat bertahan selama 30 menit di kedalaman 1 meter. Tidak cuma itu saja, iPhone SE 2020 ini juga mempunyai Sentuhan Haptic yang berguna untuk melakukan Tindakan Cepat seperti menghidupkan Foto secara Langsung, melihat pesan, mengatur ulang aplikasi,dan lain-lain.

Sementara itu untuk iPhone SE 2016 mirip dengan desain iPhone 5 yang terlihat jadul, dengan tepi yang tajam. Smartphone ini juga dibekali dengan layar 4 inci lebih kecil memang sangat mengganggu karena mempunyai aspek rasio 16: 9.

Untuk Penempatan tombol volume terlihat melingkar yang ada di bagian tulang belakang sebelah kanan, sedangkan untuk tombol daya diletakkan di atas. Port pengisian daya, speaker, serta  jack headphone ada di tepi bagian bawah ponsel.

Kamera

Kamera iPhone SE 2020 sangat mirip dengan iPhone 8 karena menggunakan sensor 12MP yang dan aperture f / 1.8, PDAF dual-pixel, OIS, serta dual-tone, dual-LED flash. Untuk kamera depannya sendiri sudah mempunyai kekuatan 7MP dengan apertur f / 2.2, serta sudah support mode potret, dan blitz pada layar. Fitur utama dari kamera iPhone SE 2020 mampu merekam video 4K, Time-lapse, slow motion.

Sementara itu untuk iPhone SE 2016 ini juga menggunakan resolusi kamera 12MP tetapi untuk merekam video hanya mampu kualitas HD saja. Tidak dibekali dengan fitur OIS, Mode Potrait, Time-lapse, Slow-mottion. Kamera depannya juga sangat kecil, cuma 1.2MP saja.
Info HP Baru Lainnya