Inilah Daftar Kekurangan Oppo Reno2 F Yang Banyak Belum Tahu


Di penghujung tahun ini, OPPO memang dapat dikatakan sebagai vendor ponsel yang sangat produktif. Bagaimana tidak, OPPO memang selalu meluncurkan Smartphone terbarunya hampir setiap bulanbya. Bahkan, uniknya lagi waktunya juga tidak terpaut jauh dari versi lamanya. Misalnya saja OPPO Reno series.

Perlu untuk kita ketahui bersama bahwa OPPO Reno series mulai debut quarter pertama tahun 2019. Dan pada awal quarter ketiga, generasi kedua OPPO Reno series juga sudah hadir dipasaran. Untuk pasar Indonesia, generasi pertama ditandai dengan hadirnya OPPO Reno serta OPPO Reno 10x Zoom, dan untuk generasi kedua, hadir OPPO Reno2 serta OPPO Reno2 F.

Nah tepat banget nih, Kali ini kita akan membahas tentang OPPO Reno2 F yang harga jualnya memang lebih murah, yakni sekitar Rp5 jutaan. Banyak yang mengagungkan Generasi dari Oppo Reno ini,  namun banyak juga yang belum menyadarinya. Ternyata Oppo Reno2 F mempunyai kekurangan loh! Penasaran, yuk kita ulas bersama di bawah ini:

Kekurangan Oppo Reno2 F Terbaru

1. Kamera Belakangnya Kurang Mantap Dan Tidak Maksimal

OPPO Reno2 F memang dibekali dengan empat kamera belakang seperti ponsel kekinian lainnya,. Namun agak sedikit beda dari konfigurasi kamera yang di bawanya. OPPO Reno2 memang hadir dengan kamera utama 48 MP Sony IMX586, kamera telefoto 13 MP, serta kamera ultra-wide 8 MP, dan juga kamera monokrom 2 MP.

Meskipun memiliki kamera canggih, ternyata ada kekuranganya loh dari hasil jepretan Oppo Reno2 F ini. Pensaran berikut hasil tangkapan foto dari Oppo Reno2 F:

Hasil dari tangkapan kamera belakang HP ini ternyata bisa menghasilkan gambar yang sedikit kontras dan juga dynamic range yang lumayan bagus tapi tidak bagus-bagus amat. Cuma, warna yang keluar terasa nampak jenuh dari pada versi nyatanya.

Kamera HP ini juga sangat kurang bagus jika dibuat foto dengan kondisi minim cahaya atau dalam keadaan gelam. Ternyata hasil jeperetan dari kamera Oppo Reno2 F ini saat berada pada kondisi gelap menghasilkan foto dengan banyak sekali noise.

Tentu saja hal tersebut bisa menjadi sebuah kekurangan tersendiri bagi Oppo Reno2 F. Tetapi hal tersebut dapat diminimalisir karena ada fitur yang bisa dianggap mempunyai kelebihan tersendiri.

Fitur tersebut tidak lain adalah perekaman video dengan kondisi yang sangat stabil. Kamera HP ini mampu merekam video Full HD hingga 30 fps dengan kestabilan yang sangat baik.

2. Tombol Power Dan Volume

OPPO Reno2 F memang hadir dengan posisi tombol power serta volume yang meamng terpisah. Tidak seperti smartphone pada umumnya yang meletakkan tombol power dan volume pada satu sisi, HP ini ternyata hadir dengan tombol power di bagian sisi kanan + tombol volume yang ada pada  bagian kiri.

Apakah penempatan ini buruk? Sebenarnya tidak begitu buruk-buruk juga. Cuma kita harus saja butuh waktu untuk membiasakan diri dengan berpindahnya posisi volume serta tombol power yang di buat terpisah.

3. Performa Meisn Yang Biasa di Kelasnya

OPPO Reno2 F memang disematkan mesin chipset Mediatek MT6771V Helio P70. Chipset ini hadir dengan Octa-core (4×2.1 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53) serta GPU Mali-G72 MP3. Dan seeprti apa sih performanya?

Menurut pengujian lewat benchmark Antutu, OPPO Reno2 F ini mampu mendapat nilai Antutu cuma 148 ribuan saja. Angka tersebut memang tidak begitu besar untuk sebuah smartphone kelas menengah.

Bisa kita bilang Performanya dari Oppo Reno2 F ini tidak jauh berbeda dengan OPPO F11 yang juga sama-sama dibekali Helio P70. Dan apabila diajak melakukan pekerjaan sehari-hari, OPPO Reno2 F memang bisa menjalankan berbagai tugas secara baik.

Akan tetapi ketika dicoba untuk bermain game, terjadi beberapa frame dop. Meskipun hal ini tidak terlalu mengganggu saat beramain game, tetapi tetap saja ada minusnya. Dari hasil analisa tersebut, memang performa OPPO Reno2 F bukan yang terbaik. Namun tidak buruk-buruk amat juga. Akan tetapi dengan harga cuma Rp5 jutaan, seharusnya OPPO wajib membekalinya dengan chipset dan  kemampuan yang lebih baik.

4. Kamera Depan Tidak Maksimal

Ternyata tidak hanya kamera belakangnya saja yang bermasalah, Tetapi kamera depan Oppo Reno2 F ini juga memang kurang maksimal. Smartphone ini mengusung kamera depan 16 MP dengan mekanisme pop-up, akan tetapi tipe kamera Pop-up saat ini memang sudah tidak terlalu spesial lagi di tahun 2019. Sebab sudah ada smartphone lainnya yang menggunakan kamera depan pop-up seperti Realme X yang dijual cuma Rp3 jutaan.

Dan mengapa kamera depan HP ini memang kurang spesial? dari hasil jepretan kamera depan HP ini memang tidak terasa menonjol. Hasil foto selfie di HP sangat cenderung terlalu terang saat diajak foto dari berbagai kondisi pencahayaan apapun.

Untuk Mode potrait juga bisa menghasilkan foto dengan latar belakang blur yang hasilnya terkadang memang mantap tetapi juga sering ada tidak Oke hasilnya.

5. Tidak Ada Fitur NFC

OPPO Reno2 F tidak disematkan fitur NFC. Hal tersbut sangat disayangkan sekali. Padahal saudaranya sendiri, OPPO Reno2 sudah dibekali dengan fitur NFC. Ketidakhadiran NFC menjadi Minus tersendiri bagi OPPO Reno2 F


Baca Juga Nih

Komentar