Cara Ampuh Perbaiki MicrosSD Yang Rusak Tidak Terbaca Terbaru

Pernah kalian mempunyai masalah pada microsd seperti tidak bisa kebaca di smartphone atau di komputer. Hal tersebut kemungkinan besar karenakan kalian saat akan melepas Microsd dari ponsel atau mengeject microsd dari pc tidak dengan benar atau bahkan ada virus yang menempel di dalam microSD kalian sehingga tidak bisa kebaca.

Tetapi jangan panik dulu jika memang microsd tidak kebaca atau rusak. Kali ini saya akan memberikan beberapa tutorial atau tips untuk memperbaiki microsd yang terlanjur tidak kedetek silahkan simak tutorialnya di bawah ini.




Cara Cepat Perbaiki MicroSD Yang Tidak Kedetek Terbaru



Bersihkan Bagian Kuning Tembaga MicroSD


Langkah Awal jika microSD tidak kebaca, keluarkan microSD dari smartphone lalu bersihkan pada bagian kuning-kunging tembaganya dengan menggunakan Penghapus pensil atau kain microfiber

Ingat jika membersihkan bagian tembaga pinnya usahakan jangan sampai meninggalkan goresan pada lempengannya. Dan jika sudah terlihat bersih sekarang tancapkan lagi ke smartphone. Lalu cek di HP apakah sudah kebaca




Format Ulang Dari HP

Jika cara diatas gagal, kalian bisa memperbaikinya dengan cara memformat microsd lewat HP. cara ini memang perlu untuk menyelamatkan microsd tetapi konsekuensinya data akan hilang. Tapi tenang saja karena microSD bakal sembuh yang terpenting kalian tidak akan mengeluarkan biaya lagi untuk membeli microSD baru.

untuk memformatnya kalian bisa masuk ke menu Settings > pilih menu storage > dan disana pilihlah Erase SD Card, maka memori akan kembali ke pengaturan awal dan file akan bersih dari virus



Mengeceknya Lewat Komputer

Memang terkadang microSD itu tidak terbaca di Smartphone saja tetapi terbaca di komputer. Nah dalam kasus ini jika terbaca di komputer kemungkinan besar microSD ada file virusnya dan disarankan untuk di format saja lewat komputer tetapi kita harus mengeceknya terlebih dulu.

Pertama-tama  sambungkan HP android ke komputer dengan kabel USB dan pastikan sudah masuk ke mode Mass Storage Mode di android. Jika sudah kalian bisa langsung melakukan pengecekan MicroSD di windows explorer komputer

Caranya klik kanan pada drive MicroSD hp yang ke baca di komputer lalu pilih properties -> tools -> error checking.

lalu tunggu hingga proses benar-benar selesai. Jika sudah selesai kalian masukkan lagi microSD ke smartphone android dan lihat sudah terbaca?

Jika masih belum kebaca juga padahal sudah di cek error, maka mau tidak mau kalian harus merelakan data di microsd hilang dengan cara memformatnya. Dan jika ada file penting yang masih terbaca kalian bisa menyalain atau mengcopynya ke komputer dulu lalu di format ulang microsdnya.

Baca Juga Nih

Komentar