Inilah Ciri-Ciri Berita Bohong Hoax Menurut Menteri Komunikasi: Ada Kata Viralkan

Berita bohong atau Hoax memang sangat menyesatkan para pembacannya. Tetapi saat ini sudah Banyak cara untuk meminimalisir penyebaran berita bohong atau hoaks. Salah satunya dengan membentengi diri sendiri dengan berbagai informasi yang masuk saat membaca suatu berita, termasuk lewat pesan berantai.

Menurut Menkominfo Rudiantara juga mengatakan semua berita yang diragukan kebenarannya jangan pernah untuk disebarkan kembali. Karena hal tersebut memang tidak ada untungnya.

Pria yang disering disapa Chief ini mengatakan dan memberitahu ciri-ciri dari berita hoaks pertama adalah informasi yang menyebutkan kelompok tertentu saja, serta biasanya Ada tulisan viral-kan. Itu terindikasi hoaks.

Dilansir dari viva.co.id (20/01) Menkominfo juga mengakui Ikut memabantu Lobi Pemerintah untuk membuat sejumlah langkah agar dapat mengurangi beredarnya berita bohong. Mulai dari literasi, salah satunya dari kelompok Siberkreasi.

Rudiantara juga mengatakan bahwa pemerintah juga dapat melakukan penindakan tegas di dunia maya. Jika memang terdapat konten yang memang sudah melanggar, maka akan langsung take down atau di blokir situsnya. Memang Sekarang banyak pihak asing yang tidak suka dengan Indonesia, misalnya, dirinya membuat akun media sosial dan dia buat konten. Capture, sebar di WhatsApp. Akun medsosnya dan akan dihapus," kata Rudiantara.

Baca Juga Nih

Komentar