Huawei Perkenalkan Modem Canggih 5G Pertama Di Dunia Dengan Kecepatan 6,5 Gbps

Kehadiran teknologi baru yaitu jaringan 5G sedang ramai diperbincangkan sejak tahun lalu. Walaupun banyak yang telah melakukan uji coba, namun penerapannya ternyata masih terlihat terbatas saja. Akan tetapi langkah yang akan diambil Huawei ini sepertinya akan menjadi pertanda bahwa akan populernya teknologi jaringan 5G.

Huawei belum lama ini telah pamerkan modem 5G pertama kali di dunia, yang diberi nama Balong 5000. Chip Balong 5000 merupakan modem 5G single-chip pertama di dunia, yang tidak hanya mendukung 5G, tetapi juga sudah support dengan jaringan 2G, 3G, dan 4G pada chip yang sama.

Dilansir dari kompas (25/01) Modem ini adalah produk pertama yang sudah memiliki benchmark industri yang memiliki kecepatan download sampai 4,6Gbps. Pada spektrum mmWave (pita frekuensi tinggi yang dipakai pada sebagaian perpanjangan spektrum untuk 5G), Balong 5000 juga mampu menembus kecepatan download sampai 6,5Gbps, 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G LTE.

Balong 5000 memang dinobatkan sebagai modem pertama di dunia yang mendukung arsitektur jaringan standalone (SA) serta non-standalone (NSA) untuk jaringan 5G. Pada non-standalone, arsitektur jaringan 5G ini dibangun di atas jaringan 4G LTE yang lama. Sedangkan unutk standalone, jaringan 5G mempunyai arsitektur sendiri yang lebih canggih.

Terlepas dari ini semua, Huawei juga akan pamerkan smartphone 5G pada acara Mobile World Congress (MWC) 2019 yang berlokasi di Barcelona. Perusahaan itu setidaknya sudah melibatkan kurang lebih 5.700 insinyur untuk melakukan R&D terkait penggunaan jaringan 5G, termasuk 500 pakar dari teknologi 5G. Total keseluruhan terdapat 11 pusat inovasi untuk solusi 5G di seluruh dunia.

Baca Juga Nih

Komentar