Cara Lacak HP Hilang Dengan Cepat Dan Akurat Tanpa Aplikasi

Kehilangan smartphone atau ponsel (HP) adalah momok yang menakutkan. Bagaimana tidak jika smartphone kita hilang maka otomatis data kita yang ada di hp tersebut juga hilang, jika memang tidak di backup dengan benar.

Namun jangan khawatir saat ini ada tips dan tutorial temukan hp kita yang hilang tentunya tanpa pakai software pihak ketiga alias gratis. Cukup mengandalkan fitur Find My Device, para pengguna android bisa melacak ponsel yang hilang. Tutorialnya sebagi berikut ini:


Tutorial Lacak HP Yang Hilang Dengan Cepat



Pertama-tama, kalian harus mengantisipasi jika perangkat Android kamu hilang, data yang tersimpan dapat terhapus secara otomatis. Caranya sangat mudah, pada perangkat Android terbaru, bisa menuju ke Settings - Google - Security. dan Di bawah ada Android Device Manager, aktifkan terlebih dulu fitur Remote Data Wipe dengan cara slide ke “Allow Remote Lock and Erase”. untuk Android versi lama, kalian dapat masuk ke Settings lalu tap Android Device Manager. Untuk mengaktifkan fitur ini, tap pada kotak “Allow Remote Factory Reset” dan tap “Activate”.

Nah, kemudian kalian dapat memasang Find My Device pada perangkat Android lainnya. Find My Device mengharuskan para pengguna untuk log in dengan akun Google dan mengaktifkan lokasi ponsel. 

Setelah kalian log in ke akun, maka nanti akan diminta mengizinkan Find My Device untuk memakai data lokasi, klik saja Accept untuk melanjutkannya. 

Jika sudah log in, nanti terlihat pada menu dashboard akan muncul dan menunjukkan di mana ponselmu saat ini berada dengan ada beberapa opsi dan pilihan. 


Pertama ada pilihan lokasi yang menunjukkan lokasi saat ini dimana ponsel Android kamu sedang berada, lengkap dengan daya baterai yang bertahan, serta ada loh kapan ponsel tersebut terakhir dinyalakan.

dan pilihan kedua ada Play Sound, dimana fitur ini akan membunyikan nada dering dan getar dari ponsel androidmu yang hilang dan akan berdering selama lima menit dengan volume ekstra maksimum. Pada fitur ini masih dapat berfungsi sekalipun ponsel Android sedang dalam keadaan silent atau diam.

Dan fitur ketiga ada , opsi Lock. Sesuai dengan namanya, fitur ini nantinya akan mengunci perangkat Android secara otomatis. Jadi, semua orang tidak dapat mengakses atau membuka android tanpa memasukkan kunci yang sudah kalian setting, cuma kalian saja yang tahu kunci tersebut

Dan yang Terakhir adalah opsi Erase. Pada pilihan ini maka ponsel kalian akan menghapus semua secara menyeluruh dan kalian tidak dapat lagi mengakses atau memantau smartphone kalian. Fitur ini digunakan jika kalian sudah pasrah tidak dapat menemukan perangkat. Maka fitur ini bisa digunakan agar data tidak di otak-atik orang lain karena fitur ini dapat secara otomatis menghapus semua data, termasuk aplikasi, foto dan video, musik dan semuanya. Jika ponselmu ternyata saat itu sedang keadaan mati atau dimatikan, fitur ini tetap menjalankan perintah apabila smartphone sudah dihidupkan kembali.


Baca Juga Nih

Komentar