Tips Mudah Saat Membeli HP Bekas Agar Tidak Tertipu

Smartphone pada era milenial ini mempunyai peranan yang sangat vital dalam kehidupan masyarakat.Tidak heran bnayak konsumen yang ingin membeli smartphone bekas tetapi awet dan tidak mudah rusak.

Namun Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika ingin membeli HP atau smartphone bekas. Sudah tidak dipungkiri lagi jika kebnyakan orang beranggapan untuk lebih memilih membeli HP bekas atau second. Selain karena faktor harga terkadang juga mereka juga tidak ingin merugi apabila  HP yang dibelinya itu dijual lagi

Kebanyakan orang saat ini kurang teliti ketika sedang mengecek HP bekas yang akan mereka beli. Dan hasilnya setelah HP sudah kebeli dan Terpakai beberapa bulan tiba-tiba rusak.Nah kalai ini ada sedikit tips ketika kalian ingin membeli hp bekas agar tidak tertipu:


1. Cek Fisik

Fisik terkadang emmang menipu,Namun pada tampilan yang patut kalian periksa terlebih dahulu sebelum membeli adalah selalu memastikan bahwa smartphone masih terlihat mulus dan sesuai dengan deskripsi penjual.

Tetapi apabila HP tersebut ternyata tidak sesuai dengan apa yang dijelaskan dan terlihat ada seperti lecet, layar tergores, dan lain-lain, Langsung batalkan saja agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


2. Cek Baterai

Dan yang kedua selalu untuk mengecek baterai,Selalu Periksa daya tahan baterai smartphone yang akan Anda beli.Apakah baterai tersebut memang sudah menggelembung. Namun jika ponsel yang ingin klaian beli memiliki baterai tanam, pastikan terlebih dahulu pada penjual apakah memang keadaannya normal atau tidak


3.Tes Imei

Jangan lupa juga selalu untuk tes IMEI smartphone yang ingin kalian beli, karena cara ini bisa juga untuk membedakan smartphone yang palsu atau asli. Kalian dapat cek IMEI tersebut melalui kardus ponsel atau melalui perintah panggilan telepon di *#06#.


4.Cek Tempat Pembelian

Selalu pastikan terlebih dahulu tempat yang kalian ingin beli Smartphone tersebut aman dan sudah terpercaya. dan selalu juga lihat feedback dari calon pembeli lainnya apakah rekomended atau tidak.Apabila kalian membeli melalui situs-situs online pastikan juga sang penjual sudah terverifikasi dari situs online tersebut.

apabila ditemukan sang penjual barang di situs tersebut belum terverifikasi sebaiknyya kalian cek melalui rating yang didapat dan komentar-komentar dari para pembeli sebelumnya.


5. Periksa Fungsi Perangkat

Apabila kalian membeli ponsel bekas.Langkah awal adalah memeriksa semua fungsi dari perangkat tersebut.Cobalah untuk pasang kartu sim card dan tes koneksi jaringan speaker dan cobalah untuk tes menelpon apakah tidak ada kendala atau kerusakan.

Setelah itu konektivitas lainnya seperti Wi-Fi hotspot dan Bluetooth dan tidak lupa juga tes sensor, layar ponsel, speaker, mikrofon telepon, dan kamera. Tetapi hal paling utama adalah mengecek Sistem Operasi yang ada di dalam smartphone tersebut apakah berjalan normal atau tidak.


6. Mintalah Garansi

Cobala kalian pada saat akan membeli ponsel bekas untuk meminta garansi dari sang penjual tersebut. Dan selalu Upayakan juga apabila garansi yang diberikan tidak hanya lewat lisan saaj atau pesan melalui chat tetpai juga mintalah kartu garansi dari tempat membeli.


7.Cek harga

Apabila kalian memutuskan membeli smartphone bekas Lihat terlebih dahulu  harga-harga smartphone tersebut melalui web atau situs-situs jual beli lainnya. Pastikan juga jika situs referensi harga tidak dari satu situs jual beli melainkan cari sumber sebanyak-banyaknya agar mendapatkan harga yang sesuai keinginan kalian.

Baca Juga Nih

Komentar