Nokia 8.1 Sudah Hadir, Harganya Cuma Segini

Produk terbaru Nokia sedang di tunggu-tunggu oleh para penggemarnya.Setelah maraknya rumor tentnag HP ini, HMD Global sang pemegang merek dagang nokia akhirnya pamerkan Nokia seri 8.1 secara publik.

Jika dilahat dari desainnya, Nokia 8.1 ternyata memberikan konsep bezel-less seperti pada ponsel menengah atas saat ini. Nokia 8.1 mempunyai empat sisi bingkai yang tipis dengan sudut yang melingkar dengan tulisan "Nokia" yang ada di bagian dagu ponsel.

Seperti yang dilansir dari kompas.com (6/12/2018) Ponsel yang dibekali dengan "PureDisplay" ini memiliki layar berjenis IPS LCD yang memiliki ukuran 6,18 inci, dengan resolusi 1080x2246 piksel.

Dan pada bagian layar sebelah atas, terlihat poni (notch) sebagai tempat kamera 20 megapiksel dengan lensa bukaan f/2,0. Dan pada bagian belakangnya ada kamera ganda dengan posisi vertikal yang dipasang di bagian tengah.

Kamera utama ponsel mempunyai resolusi hingga 12 megapiksel dengan bukaan lensa f 1/2,55 serta memiliki lebar sensor 1,4 mikron. Kamera ternyata mempunyai fitur PDAF dan Optical Image Stabilization (OIS) selain lensa dengan dukungan Carl Zeiss.

Perlu untuk diketahui bahwa pada Kamera belakang kedua memiliki resolusi 13 megapiksel, yang berfungsi sebagai depth sensor yang berguna untuk efek foto bokeh (blur) ketika memotret portrait.

Selain adanya kamera ganda, Nokia juga sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang bermanfaat sebagai kunci keamanan yang terletak di bagian belakang Nokia 8.1. Posisinya sangat tepat ada di di bawah kamera yang bisa dijangkau dengan ujung jari telunjuk dari pemakainya.

Dan untuk urusan mesin, Nokia 8.1 sudah dibekali dengan chipset dari Qualcomm Snapdragon 710, dapat dikatakan spesifikasi chipset ini mengalami penurunan, mengingat model flagship Nokia 8 sebelumnya juga pernah mengusung seri flagship Snapdragon 835.

Chip tersebut juga disadningkan dengan  RAM serta penyimpanan internal 4 GB/64 GB. Nokia 8.1 juga dibekali dengan baterai dengan kekuatan 3.500 mAh dengan dukungan fast charging serta sudah mampu menjalankan OS Android 9.0 Pie dengan tampilan antarmuka Android One.

Nokia 8.1 menjanjikan akan selalu terus didukung update sistem operasi setiap 2 tahun, dan pembaruan keamanan selama 3 tahun. Nokia 8.1 nanti akan tersedia dengan 4 pilihan warna, yakni Blue, Silver/Steel, Copper, Iron/Steel.

Apabila berbicara tentang harga Nokia 8.1, Calon pembelinya harus rela mengeluarkan kocek 400 Euro atau jika dirupiahkan setara Rp 6,6 juta. Nokia 8.1 dapat dipesan mulai tanggal 15 Desember mendatang, dan akan dikirim ke pembelinya tepatnya di tanggal 20 Desember, namun masih hanya untuk kawasan Timur Tengah saja.

Untuk Kawasan lain, seperti Asia (Indonesia), dan juga Eropa secaerapnya akan menyusul dalam kurun waktu dekat ini.

Baca Juga Nih

Komentar