Cara Ampuh Mengatasi Hp Rusak Kena Air Dengan Cepat

Tentunya jika ponsel kita kena air membuat kita menjadi khwatir dan takut nanti ponsel kesayangan kita akan rusak jika ponselnya memang tidak anti air. Tentunya hal ini membuat kita galau dan was-was apakah ponsel kesayangan kita ini bisa mati total karena terkena air atau jatuh di dalam air.

Nah untuk mengatasi kekwatiran kalian, maka kamu harus bisa memakai metode berikut ini agar dapat mencegah hal tersebut terjadi. Berikut ini ada tips mengatsi hp atau ponsel yang terkena agar Smartphone kita bisa selamat:



Cara Selamatkan Hp Yang Jatuh Di Air



Setelah kamu tahu ponsel tercebur di air/tenggelam di air maka bergegaslah untuk mengambilnya dan pastikan jika kalian mengambil ponsel tersebut dari dalam air segera matikan ponsel secepat mungkin.

Memang sangat penting untuk berjaga-jaga agar tidak semakin parah. Jika ponsel masih aktif, coba matikan dan cabut baterainya.Lalu Kemudian taruh di tempat yang aman, sebaiknya di permukaan yang datar atau bisa diletakkan di atas beberapa tisu kertas.

Lalu ikuti tahapan berikut ini agar hp kalian tetap bertahan dan tidak rusak.Namun perlu untuk diingat kalian harus berhati-hati.Dan ingat Baik-baik!


  • Jangan pernah menghidupkan telepon, seperti yang sudah saya sebutkan. Sebab Komponen listrik tidak diperbolehkan terkena air secara langsung. 
  • Jangan Lakukan charging 
  • Jangan pernah menekan tombol apa pun. Karena hal tersebut dapat mendorong air masuk lebih jauh ke dalam hp. 
  • Jangan goyang atau mengocok ataupun meniup ponsel sebab hal ini dapat mendorong air malah masuk ke area ponsel yang lebih dalam. 
  • Jangan pernah memakai kipas angin atau blower pembersih debu 
  • Jangan gunakan panas apa pun pada ponsel. Perlu untuk diketahui bahwa panas yang berlebihan ternyata dapat merusak komponen ponsel.
  • Jangan gerakkan ponsel jika sudah diangkat dari air

Bongkar Ponsel Yang Terkenal Air


Coba kalian bongkar dan pisahkan komponen. Coba lepas segala sesuatu yang menancap pada papan ponsel. Dan juga coba untuk keluarkan baterai (jika bisa), kartu SIM dan kartu memori SD. Letakkan semuanya di handuk atau kertas.Setelah itu coba keringkan pada setiap bagian dengan cepat. Dan tentunya cobalah untuk Berhati-hati


Cobalah Untuk Mengeringkan Bagian Luar Eksterior Dengan Handuk/Kertas

Keringkan dan usap bagian luar ponsel yang terlihat ada airnya sampai kering.Kamu bisa pakai handuk/kertas untuk mengeringkan setiap komponen. Pastikan juga pada saat mengeringkan dengan cara perlahan


Kamu Bisa Gunakan Penyedot Debu

Kalian bisa memakai penyedot debu untuk menjangkau area yang tidak bisa dijangkau oleh handuk atau kertas.Misalnya seperti lubang-lubang dll.Pastikan juga ponsel tidak terlalu banyak bergerak.


Setelah itu kamu bisa mengeringkan ponsel karena dalam tahap ini merupakan bagian tersulit.Dimana kamu nanti akan meninggalkan ponsel tanpa menyentuhnya pada waktu yang lama.Kalian bisa masukkan ponsel dan komponen pada tempat yang mampu untuk mempermudah proses pengeringannya secara alami. Biasanya yang sangat umum mengubur ponsel di dalam kantong beras dan membiarkannya di sana selama sekitar 2 sampai 3 hari kedepan tanpa disentuh.


Mengapa harus beras? Karena beras sangat mudah ditemui di sekitar kita.Sebab beras ternyata sangat bagus untuk menyerap kelembaban di udara, dan akan membuat area ponsel menajdi lebih kering secara alami.Tetapi ada cara alternatif yang jauh lebih baik yaitu dengan mengguanakn gel silika, yaitu paket-paket kecil yang sering kita temui di sepatu atau kotak elektronik 


Dengan memakai gel silicia 800% jauh lebih efektif untuk mengeringkan kelembaban dari pada beras.Namun kalian harus bisa membeli banyak gel silicia agar dapat mengubur ponsel selama 2-3 hari kedepan.


Setelah 2-3 hari kalian bisa angkat ponsel dari kuburan lalu coba pasang dan tancapkan ponsel dan test hidupkan ponsel setelah itu test semua komponen. misalnya Buat panggilan untuk melihat apakah mikrofon dan earphone berfungsi, dan juga uji speaker, dll.. Dan berhasil!.

Dan ingat cobalah untuk selalu waspada untuk meletakkan ponsel kalian agar kejadian ini tidak terulang lagi.

Baca Juga Nih

Komentar