Jangan Beli Smartphone Baru Yang Masih 4G, Karena Pemerintah Siapkan Teknologi Super Cepat 5G

Baru-baru ini ada kabar gembira bagi kalian yang suka dengan dunia teknologi.Pasalnya Pemerintah Beserta Direktur Penataan Direktorat Jenderal Sumber Daya dan juga Kementerian Komunikasi dan Informatika, Akan bersiap menggunakan kebijakan dan regulasi untuk teknologi terbaru 5G yang ditargetkan selesai pada 2020.

Target tersebut juga diprediksi bisa rampung pada tahun 2020 jika lancar dan tidak terjadi berbagai kendala.Pemerintah memang sudah fokus pada tahun 2020, akan segera melakukan peluncuran layanan broadband berbasis 5G yang super cepat, dan telah melakukan lelang pita 5G.

Seperti yang dilansir dari viva.co.id (23/11/2018) Jika dilihat pada tahun 2017, operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk saat itu sudah melakukan uji coba saat menggunakan ruangan pita 15GHz, dan akan dilanjutkan dengan Telkom pada pita 72GHz.

Tidak hanya disitu saja, Pada tahun depan pemerintah rencananya akan segera membentuk dan juga melakukan sosialisasi draft kebijakan 5G dengan fokus dalam mendukung ekonomi digital serta  revolusi industri 4.0.

Dan Pada 2021 nanti akan dilakukan uji coba 5G menggunakan perangkat 5G komersil dan juga suatu perangkat yang juga berkaitan dengan revolusi industri 4.0. Perlu untuk diketahui bahwa teknologi terbaru 5G merupakan teknologi yang dapat  mentransmisi 1 gigabit data per detik, atau bahkan sampai 10 gigabit.Jadi saat berinternet akan jauh lebih cepat.

Pemerintah saat ini juga sedang mengatur masalah pita frekuensi 5G dan mengitung Biaya Hak Penggunaan (BHP) Frekuensi, kemudahan membangun small cell dan model bisnis.Perlu untuk di garis bawahi bahwa Teknologi 5G tidak hanya menyajikan layanan bisnis seluler, tetapi diutamakan menjadi solusi untuk efisiensi industri vertikal, misalnya pada manufaktur. Dengan hadirnya 5G juga tentunya produsen smartphone juga akan menghadirkan generasi terbaru produk mereka yang sudah support 5G.

Baca Juga Nih

Komentar